Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berwisata Pada Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30649/jab.v3i2.158Kata Kunci:
Product, Price, Promotion, Physical Evidence, Traveling DecisionsAbstrak
Keputusan berwisata pada wisatawan dipengaruhi oleh berbagai faktor bauran pemasaran diantaranya adalah Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang, Proses dan Bukti Fisik. Dari berbagai faktor tersebut mempunyai peranan penting dalam meningkatkan keputusan berwisata. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan berwisata pada Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya baik secara parsial maupun simultan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan berwisata pada Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya baik secara parsial maupun simultan.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Surabaya. Sampel yang digunakan berjumlah 96 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, Teknik sampling yang digunakan adalah Incidential Sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrument data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, pengujian hipotesis menggunakan uji t, uji f dan koefisien determinasi menggunakan SPSS 25 for Windows. Hasil pengujian dengan uji t dan uji f mendapatkan kesimpulan bahwa variabel Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang, Proses dan Bukti Fisik secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwisata. Sedangkan hasil pengujian dengan Koefisien Determinasi (R2) dengan mengguakan Regresi Berganda mendapatkan kesimpulan bahwa pengaruh dari ketujuh variabel yaitu Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang, Proses dan Bukti Fisik sebesar 92,1%.
Kata Kunci : Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang, Proses, dan Bukti Fisik, Keputusan Berwisata
Referensi
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo
Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Kotler, Philip Keller Kevin Lane. (2012) Manajemen Pemasaran, ed. tiga belas, alih bahasakan: Benyamin Molan, Bahasa Indonesia PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Laksana, A. P (2019). Meningkatkan Kunjungan Konsumen (Studi Deskriptif Tentang Upaya Promoi Penjualan Di Kafe Lumbung Merah Dalam Meningkatkan Kunjungan Konsumen) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Lupiyoadi. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat
Nizar, M. (2017). Strategi Promosi Dalam Pengembangan Pariwisata Halal Di Taman Wisata Religy Gunung Mujur Karangploso Malang. Al-Ghazwah, 1(1), 87–102.
Paramulia, O. C., Mandey, S. L., & Roring, F. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Obyek Wisata Rumah Alam Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3). Management Analysis Journal, 1(3), 1-10
Rismiati.E. dan Ig. Bondan Suratno. (2001), Pemasaran Barang dan Jasa. Cetakan Pertama, Penerbit : Kanisius, Yogyakarta
Santoso, R., Shintawati, R. A., & Aliffianto, A. Y. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Keputusan Berkunjung ke Wisata Bahari Jawa Timur. Jurnal MEBIS, 4(2), 1-14
Setiawan, F. C., Widarko, A., & Slamet, A. R. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Ulang Wisatawan Pada Objek Wisata Museum Angkut Di Kota Batu. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 6(1)
Suprayogi, R. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pantai Kerang Mas Kabupaten Lampung Timur
Yanti, F., Karim, A., & Wadud, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Studio Ribka Foto Cabang Sekip Di Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(2), 47-52.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal Of Accounting and Business

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



