Pengaruh Media Sosial Terhadap Niat Beli Produk Trifthing Ditoko Texar Store Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30649/jab.v3i2.192Kata Kunci:
social media, social media marketing, purchase intentionAbstrak
Semakin bertambahnya orang menganggap aplikasi media sosial telah menjadi elemen krusial dalam kehidupan sehari-hari, memperhatikan kecenderungan orang untuk menggunakan platform virtual seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan Twitter. Ukuran sampel ini Penelitian ini melibatkan 37 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode snowball sampling, dan analisis dilakukan dengan menggunakan PLS-Structural Equations Modelling (SEM). PR berpengaruh signifikan pada niat pembelian sebesar (0,416) dengan hasil t statistic (2,468 > 1,96) atau p value (0,014 < 0,05). Perubahan dalam PR akan signifikan mengembangkan niat pembelian customer. Factor PI juga berpengaruh signifikan pada niat pembelian (0,562) dengan hasil t statistic (4,637 > 1,96) atau p value (0,000 < 0,05). Namun perubahan pada PI akan signifikan meningkatkan niat pembelian customer. PC berpengaruh tidak signifikan pada niat pembelian sebesar (-0,096) dengan hasil t statistic (0,565 < 1,96) atau p value (0,572 > 0,05). Setiap perubahan pada PC tidak mempunyai pengaruh dalam meningkatkan niat pembelian customer.
Referensi
Abbas, I., & Ali, U. A. (2023). Impact of Employer Branding, Social Media Marketing & EWOM on Consumer Online Purchase Intention with Mediation of Brand Trust. International Journal of Trends and Innovations in Business & Social Sciences, 1(3), 100–110. https://doi.org/10.48112/tibss.v1i3.645
Amin, M., Nasution, A. P., Sambodo, I. M., Hasibuan, M. I., & Ritonga, W. A. (2021). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Minat Beli Produk Online Dengan Manajemen Hubungan Pelanggan Dan Ekuitas Merek Sebagai Variabel Mediasi. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 122–137. https://doi.org/10.36987/ecobi.v8i1.2443
Chan, B., Purwanto, E., & Hendratono, T. (2020). Social Media Marketing , Perceived Service Quality , Consumer Trust and Online Purchase Intentions. Technology Reports of Kansai University, 62(10), 6265–6272.
Dahal, A., Acharya, A., Shilpakar, S., Risal, P., Narasariya, A., & Lawati, M. H. (2023). Effect of Mobile Marketing on Online Purchase Intention in Urban Area. New Perspective: Journal of Business and Economics, 6(1), 43–51. https://doi.org/10.3126/npjbe.v6i1.58906
Hosain, M. S., & Mamun, A. M. A. (2023). The nexus between social media advertising and customers’ purchase intention with the mediating role of customers’ brand consciousness: evidence from three South Asian countries. Business Analyst Journal, 44(2), 84–105. https://doi.org/10.1108/baj-06-2023-0053
Krupskyy, I., Zykun, N., Mitchuk, O., Sushkova, O., & Sypchenko, I. (2024). The role of mass media in the social orientation of the masses and social management. Scientific Herald of Uzhhorod University. Series Physics, 0(55), 2988–3001. https://doi.org/10.54919/physics/55.2024.298wt8
Mohamed Sadom, N. Z., Mat Yusoff, S. H., & Mohd Sauh, S. (2023). The Relationship Between Social Media Marketing, Trust, Reputation and Purchase Intention: Empirical Evidence from Fast-Food Industry. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 0(0), 1–29. https://doi.org/10.1080/08974438.2023.2246957
Nekmahmud, M., Naz, F., Ramkissoon, H., & Fekete-Farkas, M. (2022). Transforming consumers’ intention to purchase green products: Role of social media. Technological Forecasting and Social Change, 185(October), 122067. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2022.122067
Trianasari, N., Fitriani, N., & Rachmawati, I. (2023). The Influence of Social Media Marketing and Influencer Endorsement Through Brand Image and Trust, and Their Impact on the Purchase Intention of the MS Glow Brand Through the Tiktok Application. International Journal of Professional Business Review, 8(10), e03793. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i10.3793
Wibowo, A. (2023). Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. In Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik. https://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/457
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal Of Accounting and Business

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



