Analisis Pelayanan Prima pada Klinik ABC
DOI:
https://doi.org/10.30649/jab.v3i2.197Kata Kunci:
Excellent service, obstacles, solution recommendationsAbstrak
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berfokus pada pengamatan fenomena atau peristiwa dalam kondisi asli. Peneliti menggunakan pengumpulan data yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini dikumpulkan secara langsung dari sumber aslinya melalui teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa implementasi pelayanan prima pada Klinik ABC sudah baik. Namun, beberapa dari pasien maupun petugas pelayanan masih merasakan adanya kendala yang dirasakan. Kendala tersebut diantaranya adalah kurangnya sumber daya manusia, petugas yang kurang ramah, dan perbedaan pemahaman antara pasien pada petugas medis. Dari kendala tersebut terdapat beberapa rekomendasi solusi yaitu membuka lowongan pekerjaan, mengikuti pelatihan yang sudah difasilitasi, dan meningkatkan teknik komunikasi yang baik.
Referensi
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432
Amar, I., Gunawan, & Yusuf, M. (2022). Analisi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien pada Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Kabupaten Konawe. Publica: Jurnal Administrasi Pembangunan Dan Kebijakan Publik , 13(2), 165–177. Retrieved from https://journal.uho.ac.id/index.php/publica/article/view/193
Dewi, A., Eravianti, & Putri, D. K. (2021). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pasien dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Lubuk Begalung. Prosiding Seminar Nasional STIKES Syedza Saintika, 1(1), 45–54. Retrieved from https://jurnal.syedzasaintika.ac.id/index.php/PSNSYS/article/view/907
Diah Perwita, F., Sandra, C., Hartanti, R. I., Administrasi, P., Kesehatan, K., S1, J., … Kerja, K. (2020). Pengaruh Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 16, 27–35. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/ikesma.v16i1.16925
Hidayat, I. M. S., Nur’aini, A. L., & Resti, N. H. (2023). Implementasi Pelayanan Prima (Service Excellence) pada Unit Front Office di BSI KC Cianjur Siliwangi. Ar-Rihlah : Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.35194/arps.v3i1.3223
Ilhami, Fajri, A., Dwi, A., Maharani, Asihani, Yudistira, A., … Putri, T. D. (2024). Pemetaan Konsep Budaya Pelayanan, Pelayanan Prima, dan Kepuasan Pelanggan: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 5374–5382. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.28001
Lumbanbatu, A. M. R., Iii, P. D., Fakultas, K., Universitas, V., Indonesia, K., & Timur, J. (2022). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RS X Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 5(2), 157–167. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/jiki.v5i2.5991.g3524
Machmud, A. N. (2020). Kepuasan Pasien: Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Voice of Midwifery, 10(2), 940–954. https://doi.org/https://doi.org/10.35906/vom.v10i2.107
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik: Menuju Clean Government and Good Governance (1st ed.; B. A. Saebani, Ed.). Bandung: CV Pustaka Setia.
Nandang, Jamaludin, A., Firmansyah, Y., Wanta, & Sihabudin. (2022). Pelatihan Pelayanan Prima pada Pelaku Ekowisata Kampung Kopi Desa Mekar Buana Kabupaten Karawang. Jurnal Buana Pengabdian, 4(2), 79–101. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v4i2.2812
Pratiwi, R. D., & Putra, R. S. P. (2021). Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di RSUD Labuang Baji Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 7(1), 30. https://doi.org/10.29241/jmk.v7i1.587
Rohayani, L., Inayah, I., Shoumi, A. S., & Pragholapati, A. (2020). Pelayanan Prima Perawat Berdasarkan Persepsi Pasien di Ruang Rawat Inap Talaga Bodas (Penyakit Dalam Pria Kelas 3) Rumah Sakit Tingkat II 03.05.01 Dustira Cimahi 2019. Pelayanan Prima, Atau Service Excellence, Adalah Pelayanan Yang Memiliki Standar Kualitas Yang Tinggi Dan Selalu Mengikuti Perkembangan Kebutuhan Pelanggan Secara Konsisten, Akurat, Dan Tepat Waktu., 5(1), 42–46. https://doi.org/https://doi.org/10.24929/jik.v5i1.935
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Suhendi, A., Lestari, F. W., & Bernadeta, B. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibu dan Anak Santa Anna. Gema: Jurnal Gentiaras Manajemen Dan Akuntansi, 15(1), 49–58. https://doi.org/10.47768/gema.v15.n1.202307
Susanti, Y. A., & Oktafia, R. (2020). Implementasi Pelayanan Prima dalam Upaya Peningkatan Kepuasan Customer pada Hotel Walan Syariah Sidoarjo. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2), 106–118. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/jms.v5i2.6015
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 147–153. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Journal Of Accounting and Business

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



