Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Bioskop Pada Aplikasi TIX.ID
DOI:
https://doi.org/10.30649/jab.v3i1.182Kata Kunci:
Ease of use, perceived usefulness, sales promotion, purchase decision, TIX IDAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian tiket bioskop pada aplikasi TIX.ID. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi tiket bioskop online TIX.ID di Bioskop XX1 Transmart Rungkut Kota Surabaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non-probability dan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 25.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Kemudahan penggunaan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) tiket bioskop pada aplikasi TIX.ID. variabel persepsi manfaat (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) tiket bioskop pada aplikasi TIX.ID. Variabel promosi penjualan (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) tiket bioskop pada aplikasi TIX.ID. Variabel kemudahan penggunaan (X1), persepsi manfaat (X2) dan promosi penjualan (X3) secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) tiket bioskop pada aplikasi TIX.ID.
Kata Kunci: Kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, promosi penjualan, keputusan pembelian, TIX ID
Referensi
Adiyanti, A. I., & Pudjihardjo, M. (2014). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1).
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(2), 204-219.
Chen, C. C., Chang, C. H., & Hsiao, K. L. (2022). Exploring The Factors Of Using Mobile Ticketing Applications: Perspectives From Innovation Resistance Theory. Journal Of Retailing And Consumer Services, 67, 102974.
Danuri, M. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).
Dirgantara A. (Juni, 2022). “Kemenparekraf: Jumlah Penonton Bioskop Sudah Pulih, Hampir Seperti Sebelum Pandemi Covid-19”. Diakses pada tanggal 5 Juni 2023. https://nasional.kompas.com/read/2022/07/04/14351401/kemenparekraf-jumlah-penonton-bioskop-sudah-pulih-hampir-seperti-sebelum.
Google Maps (2023). Diakses pada tanggal 28 Desember 2023. https://maps.app.goo.gl/Zinz5tf8XbQB1JDF9
Hermanto, S. B., & Patmawati, P. (2017). Determinan Penggunaan Aktual Perangkat Lunak Akuntansi Pendekatan Technology Acceptance Model. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 19(2), 67-81.
Husein, Y., Isyanto, P., & Romli, A. D. (2021). Pengaruh Promosi Dan Persepsi Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Aplikasi Dompet Digital Ovo Pada Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Journal For Management Student (JFMS), 1(1), 1-9.
Intan HP, AQ Candra Mustika, Herman & Hambalah, F. (2022). Pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness dan sales promotion terhadap impulse buying. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan
Isma, R.A., Hudayah, S., & Indriastuti, H. (2021). The Influence Of Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, And Perceived Risk On Purchase Interestand Use Behavior Through Bukalapak Application In Samarinda.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen. Pearson Education,Inc.
Kristanto, H., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Attitude Toward Using Dan Sales Promotion Terhadap Repurchase Intention Tiket Bioskop Pengguna Aplikasi TIX-ID. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(3), 226–231.
Marlius, D. (2017). Keputusan pembelian berdasarkan faktor psikologis dan bauran pemasaran pada PT. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal pundi, 1(1).
Rahayu, P. D., & Djawoto, D. (2017). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 6(10).
Saladin, D. (2016). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Di Sandy Jaya Furniture Jepara. Jurnal Studi Manajemen Bisnis.
Salma, F. A., Saryadi, S., & Wijayanto, A. (2022). Pengaruh Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 11(4), 758-763.
Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Tjiptono, F., Dan Chandra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi. Edisi 3. ISBN: 978-979-29-6720-3
Andriyanti, T., Ramadany, F., & Musleh, M. (2023). Pemberdayaan usaha kecil menengah melalui ekowisata mangrove. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 4(1), 9–17. https://doi.org/10.33474/jp2m.v4i1.19752
Febrianti, M. K. A. C., Tamrin, M. H., Musleh, M., & Abubakar, A. H. (2023). Innovative Governance in Practice: An Institutional, Actor and Society Approach. Jurnal Public Policy, 9(4), 248. https://doi.org/10.35308/jpp.v9i4.7369
Musleh, M., & Rosa, N. S. (2024). Strategi Pemanfaatan Kearifan Lokal dalam pengembangan Desa Wisata Pandean Kabupaten Trenggalek. Journal of Contemporary Public Administration (JCPA), 4(1), 36–44. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jcpa.4.1.2024.36-44
Yesayabela, T. M., Prasetio, M. A., & Musleh, M. (2023). Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Peningkatkan Usaha Mikro Kecil Menengah Kampung Pentol di Kelurahan Sidotopo , Surabaya. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 8(1), 111–118. https://doi.org/10.21067/jpm.v8i1.8475
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Journal Of Accounting and Business

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



